Pergi melakukan touring motor merupakan hal yang sangat mengasyikan. Apalagi, jika destinasi yang akan dituju melintasi medan jalan dengan panorama alam menarik dan indah. Tentu siapapun akan sangat senang menikmati perjalanan touring tersebut apalagi bersama dengan kelompok komunitas atau rekan Anda. Simak dulu harga CBR 150 untuk keperluan touring Anda lebih mantap.

Rencana perjalanan perlu diperhatikan agar acara touring dapat berjalan dengan sukses tanpa ada halangan sekecil apapun. Baik dari tindakan pencegahan dan penanganan perlu dipahami terlebih dahulu.

Berikut 7 hal yang perlu diperhatikan sebelum berangkat touring motor yaitu :

1. Standart Perlengkapan Pakaian

Ketika touring, biasanya diperlukan beberapa hari untuk menuju tempat tujuan. Perjalanan yang ditempuh cukup lama tersebut tentu perlu waspada dengan pergantian cuaca dan suhu. Usahakan untuk mengenakan jaket anti hujan supaya tetap kering dan terlindungi ketika hujan tiba.

Fungsi dari jaket anti hujan yang tebal yakni akan melindungi tubuh dari terpaan angin kencang atau ketika terjatuh. Pelu persiapan juga untuk membawa t-shirt yang nyaman dan dapat menyerap keringat ketika sedang melakukan perjalanan. Bekali juga dengan perlengkapan pakaian dengan alat sepatu yang sesuai misalnya sepatu boots tahan air dan celana yang nyaman untuk dikenakan dalam jangka waktu yang lama.

2. Perlengkapan Motor

Ketika melakukan touring ada dua hal yang harus dipersiapkan yaitu perlengkapan yang menempel di tubuh dan yang tidak. Perlengkapan yang menempel di tubuh ini artinya perlengkapan yang sangat penting sekali untuk dipakai seperti helm SNI, sarung tangan, masker dan pelindung dada.

Sementara perlengkapan motor yang tidak menempel yaitu tool kit yang dapat dipakai untuk memperbaiki kerusakan minor bila sewaktu-waktu terjadi pada motor. Perlengkapan tersebut meliputi baut motor yang longgar. Persiapkan juga part minor motor yang bisa saja dibutuhkan nanti ketika touring seperti busi, baut, dan lainnya.

3. Kelengkapan Perjalanan

Ketika menempuh jarak perjalanan yang jauh, tentunya diperlukan beragam kelengkapan seperti GPS ( Global Positioning System ) guna menunjukkan arah, smartphone untuk mendukung update segala hal hingga dokumentasi touring serta jangan lupa membawa charger dan power bank agar memastikan seluruh gadget bisa dipakai selama perjalanan berlangsung.

4. Kelengkapan Dokumen

Sebelum melakukan perjalanan jauh, pastikan terlebih dahulu kelengkapan semua dokumen yang diperlukan. Kelengkapan tersebut seperti STNK, SIM, KTP sampai dengan kartu Asuransi. Dokumen-dokumen tersebut tentunya akan bermanfaat sekali apabila terjadi hal yang tidak diinginkan secara mendadak. Apalagi jika melakukan touring ke luar kota.

5. Dana yang Cukup

Melakukan perjalanan jauh tentunya akan sangat menguras tenaga, pikiran dan juga waktu. Tentu itu semuanya harus mendukung dengan dana yang cukup agar tidak terbebani ketika melakukan touring. Dengan dana yang cukup maka perjalanan jauh pun akan terasa lebih nyaman dan aman tentunya untuk melakukan segala hal ataupun kegiatan.

6. Bekal Bahan / Makanan Siap Saji

Tak ada salahnya apabila hendak melakukan touring atau perjalanan jauh dengan membekali dengan persiapan bahan makanan atau makanan siap saji. Tujuannya apabila mengalami lapar disituasi yang cukup genting, bekal ini bisa dimakan sebagai konsumsi cadangan.

7. Motor

Sebelum melakukan touring, hal terpenting lainnya adalah persiapan motor yang prima. Usahakan cek dulu mesin motor, ganti ban dan perhatikan semua kondisi keseluruhan body motor. Apabila sudah siap tentunya akan memberikan rasa nyaman dan aman ketika touring.

Itulah penjelasan mengenai 7 hal yang perlu diperhatikan sebelum berangkat touring motor, semoga informasi ini bisa lebih bermanfaat agar perjalanan touring Anda tanpa ada kendala yang berarti.

— Related Post —

Copyright © 2022. All Rights Reserved.