Helm sudah menjadi perlengkapan wajib yang harus digunakan saat kita mengendarai sepeda motor. Untungnya, setiap pembelian motor baru Honda selalu disertakan helm yang sudah berstandar SNI (Standar Nasional Indonesia).

Jadi tak perlu pusing membelinya lagi. Namun, ada kalanya kita ingin membeli helm baru. Bisa jadi untuk orang tersayang yang bakal dibonceng atau untuk diri sendiri. Banyak pilihan helm motor yang tersedia di pasaran, namun bukan berarti kita bisa memilihnya asal-asalan.

Untuk disadari, biasanya helm motor itu semakin mahal, semakin aman. Maka tak ada salahnya membeli produk paling mahal yang mampu dijangkau kocek kita. Untuk lebih detailnya tips memilih helm bisa simak informasi di bawah ini:

1/ Tentukan jenis helm motor

Di pasaran helm dibagi ke dalam dua kategori besar, yaitu helm full face dan helm half face. Desain helm ini bukan semata-semata untuk memenuhi selera konsumen, karena sebenarnya ada peruntukkan masing-masing.

Memilih helm half face sah-sah saja untuk penggunaan dalam kota atau jarak dekat dengan motor yang tenaganya standar. Karena memang untuk situasi berkendara seperti inilah helm hall face dibuat. Sedangkan untuk perjalanan jarak jauh ya lebih aman pakai helm full face. Atau seandainya motor yang dipakai cukup bertenaga, seperti Honda CBR250RR. Lagian kalau naik motor sports gitu pakai helm half face kan nggak pantas, bro.

2/ Pilih ukuran yang tepat

Ukuran helm bervariasi, mulai dari M, L, hingga XL. Setiap pabrikan helm biasanya punya ukuran masing-masing untuk lingkar kapalanya. Untuk mengukurnya, kita bisa memanfaatkan meteran jahit yang lentur. Kemudian ukur diameter mulai kepala dari tepat di atas alis hingga kembali ke titik yang sama. Atau gampangnya, kamu bisa datang ke toko helm atau mencoba ukurannya langsung.

Cari yang ukurannya benar-benar nyaman. Karena helm kekecilan berpotensi bikin pusing karena menekan kepala terlalu keras. Sedangkan helm kelonggaran bisa bisa ganggu fokus karena posisinya gampang bergeser-geser.

3/ Visor bening VS visor gelap?

Helm yang ideal memiliki visor untuk melindungi wajah dari terpaan angin atau serangga sewaktu kita mengendarai motor. Kita bisa memilih visor bening atau gelap dengan pertimbangan-pertimbanga sebegai berikut. Visor bening bisa dipakai malam hari, meski saat siang kadang bikin silau. Visor gelap sebaliknya, enak dipakai siang, namun bahaya dipakai saat malam.

— Related Post —

Copyright © 2022. All Rights Reserved.